RUDI WALUJO PRASTIANTO

“Menuangkan isi kepala”

“Bekerjalah demi ‘kebakaran hutan-mu,…”

Posted by rudiwp on November 5, 2006

Sudah menjadi fakta umum bahwa “yang paling sulit diprediksi adalah sesuatu yang sifatnya irregular, tidak beraturan, non-periodik, tidak musiman”. Sebaliknya, “sesuatu yang sifatnya regular, datangnya berulang secara periodik”, maka efeknya akan relative lebih mudah diprediksi; sehingga langkah antisipasi lebih dapat dikontrol, artinya bisa lebih mudah dilakukan.

Banjir, kebakaran hutan, demam berdarah, kekeringan, yang semuanya hampir tiap tahun terjadi, maka semua orang Indonesia sudah tahu, bahwa itu bencana regular, musiman. Maka mestinya, secara nalar sederhana, makin bertambah tahun tingkat kejadian dan efeknya, minimal makin teratasi alias bisa makin ditekan ke angka yang lebih rendah.

Lah…, kalau banjir dan deman berdarah hanya dibahas kalau mendekati musim hujan, lalu musibah kekeringan dan kebakaran hutan baru diributkan jika mau masuk musim kemarau atau bahkan kalau sudah kejadian, kita mau mengharap hasil yang bagaimana? Topik-topik kota kebanjiran dan demam berdarah menjadi bahasan langganan di musim penghujan. Rubrik-rubrik wawancara dengan para ahli, hingga berkepanjangan dan berbuih-buih, hanya memenuhi halaman-halaman surat kabar kita saja. Apalagi kalau sudah dibumbui dengan argumentasi “minimnya dana” yang tersedia, komplit sudah.

Tentu kita semua sudah bisa menduga apa yang patut dan tidak patut untuk dilakukan terkait dengan persoalan ini. Jangan seperti bangsa pandir yang pelupa, saat musim kemarau sudah lupa penghujan, saat musim hujan seolah lupa musim kemarau yang akan datang. Penanggulangan banjir seolah dipahami sebagai pekerjaan sesaat dan instant, berdiri sendiri terlepas dari buah kebijakan lainnya yang tidak pada tempatnya.

“Bekerjalah untuk ‘kebakaran hutan’-mu seolah kemarau selamanya, dan ingatlah ‘banjir kota’-mu seakan penghujan besok pagi”…

Ojo salah kaprah, Paklik………(@rwp).

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: